vrijdag 20 augustus 2010

Bikin telur asin.......resep mbak Kania



Dari kecil saya ini penggemar telur asin. Rasanya kurang afdol bila makan sayur lodeh, rawon atau sayur bening tanpa telur asin. Telur asin yang gurih dan renyah itu menurut saya, harus dibuat dari telur bebek. Merah telurnya harus berminyak dan kering, kalau bisa lepas dari putih telurnya. You believe or not, ternyata telur asin itu adalah hasil produk Indonesia asli. Yang ditemukan oleh simbah buyut kita dari daerah Brebes Jawa Tengah.



Ternyata penggemar telur asin itu juga banyak sekali di Belanda. Maklum banyak orang Indo yang menetap disini. Harga telur asin di Belanda termasuk mahal juga, kalau gak salah 90 sen euro sebiji. ( Rp 10.000,-). Mahal juga ya.

Untung sajalah mbak Kania yang tinggal di Oosterwolde punya resep telur asin yang praktis dan simpel banget, tapi hasilnya ..luaar biaasaa..gak kalah sama telur asin made in Brebes yang kudu dibungkus sama lumpur asin selama 3 minggu.



resepnya begini: telor bebek dicuci dulu yg bersih,masukkan kedalam air yg sdh diberi garam satu kilo ....bisa telur 20 biji....sampai terendam semua telurnya...disimpan selama 2 mingguan gitu...kalau sdh satu diambil dicoba..direbus dulu dan kalau belum asin ditambah lagi seminggu lagi...selamat mencoba......



Dan inilah hasilnya...selain enak dipandang..rasanya juga lezaat sekali.

by D Misan

Geen opmerkingen:

Een reactie posten